Sabtu, 19 Februari 2011

Khutbah Jum'at Muharram 1432 H

MENGAPA MUHARRAM IDENTIK DENGAN BULAN “SURO”

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. ALHAMDULILLAH WA SYUKRU LILLAH, MARILAH KITA SAMA-SAMA SELALU MENSYUKURI NIKMAT DAN RAHMAT ALLAH YANG TIADA DUANYA. KESEMPATAN KITA UNTUK MENJALANKAN SHOLAT JUM’AT DI MASJID INI, ADALAH BAGIAN KECIL DARI NIKMATNYA. SHOLAWAT DAN SALAM MUDAH2AN SELALU TERUCAP DARI MULUT DAN HATI KITA KEPADA RASULULLAH SAW, PEMBAWA RAHMAT BAGI SEMESTA ALAM.
MARILAH KITA SYUKURI NIKMAT TERSEBUT DENGAN MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA KITA KEPADA ALLAH SWT. DENGAN BERUSAHA UNTUK SELALU MENJALANKAN SEGALA PERINTAHNYA DAN MENJAUHI SEGALA LARANGANNYA. HADIRIN JAMAH JUMAT RAHIMAKUMULLAH
UMAT ISLAM BARU SAJA MEMASUKI TAHUN BARU 1432 HIJRIYAH. TAHUN BARU HIJRAH INI DITANDAI DENGAN DATANGNYA BULAN MUHARRAM. TAMPAK KEMERIAHAN DAN ANTUSIASME MASYARAKAT DALAM NENYAMBUT DATANGNYA TAHUN BARU HIJRAH INI. ADA SEBAGIAN MASYARAKAT YANG MENYAMBUTNYA DENGAN IBADAH, SEPERTI DOA AWAL TAHUN, TAPI ADA JUGA YANG MENYAMBUTNYA DENGAN SESAJI DI TEMPAT2 TERTENTU. PERILAKU MASYARAKAT DALAM MENYAMBUT DATANGNYA BULAN MUHARRAM TERSEBUT SANGAT BERVARIASI. ADA YANG SESUAI DENGAN SYARI’AH NAMUN TIDAK SEDIKIT YANG BERCAMPUR DENGAN MITOLOGIS JAWA. BAGI SEBAGIAN MASYARAKAT ISLAM JAWA, BULAN MUHARRAM DIIDENTIKKAN DENGAN BULAN SURO. BULAN INI MERUPAKAN BULAN KERAMAT. SEHINGGA MEREKA TIDAK PUNYA KEBERANIAN UNTUK MENYELENGGARKAN SUATU ACARA SEPERTI HAJATAN DAN PERNIKAHAN. BILA TIDAK DIINDAHKAN AKAN MENIMBULKAN PETAKA DAN KESENGSARAAN BAGI MEMPELAI BERDUA DALAM KEHIDUPAN. SEBAGIAN MASYARAKAT MENGADAKAN TIRAKATAN PADA MALAM SATU SURO. SEBAGIAN LAGI MENGADAKAN SADRANAN LALU DILARUNG DI LAUT SELATAN DISERTAI KEPALA KERBAU SEBAGAI PERSEMBAHAN BAGI NYI RORO KIDUL. NAUDZUBILLAH MIN DZALIK. SUDAH SAATNYA KITA SEBAGAI UMAT ISLAM MENINGGALKAN MITOS2 TERSEBUT, KARENA ADA CARA YANG LEBIH BAIK DARIPADA MITOLOGI DALAM MEMAKNAI KEHIDUPAN INI. JAMAAH JUMAH RAHIMAKUMULLAH MENGAPA MUHARRAM IDENTIK DENGAN BULAN SURO? ISTILAH SURO DIKENALKAN PERTAMA KALI OLEH SULTAN AGUNG KETIKA MENGUBAH SISTEM KALENDER JAWA KEPADA SISTEM KALENDER ISLAM. PENAMAAN BULAN-BULAN ISLAM JAWA MEMANG TERKADANG MENINGGALKAN NAMA ASLINYA DALAM BAHASA ARAB DAN. ADA YANG DIDASARKAN PADA KEJADIAN BESAR YANG TERJADI PADA BULAN-BULAN TERSEBUT. SEPERTI RABIUL AWWAL DISEBUT MULUD KARENA PADA BULAN ITU RASULULLAH SAW DILAHIRKAN, RAMADAN DISEBUT POSO KARENA PADA BULAN TSB UMAT ISLAM DIWAJIBKAN BERPUASA. SEDANGKAN BULAN MUHARRAM DISEBUT DENGAN SURO. KATA SURO BERASAL DARI KATA ASYURO’ ATAU ASYRAH YANG BERARTI SEPULUH. ADA APA DENGAN TANGGAL 10 MUHARRAM? PADA TANGGAL TERSEBUT ADA KEJADIAN BESAR DALAM SEJARAH KEMANUSIAAN. PADA HARI ITU, ORANG YAHUDI MELAKSANAKAN PUASA UNTUK MENGENANG SELAMATNYA NABI MUSA AS DARI KEJARAN FIRAUN. BAGI UMAT ISLAM AHLUSUNNAH PADA TANGGAL SEPULUH MUHARRAM DISUNNAHKAN BERPUASA KARENA ADA RIWAYAT YANG MENYEBUTKANNYA, SEMENTARA BAGI ISLAM SYI’AH TANGGAL SEPULUH MUHARRAM LEBIH DARI SEKEDAR DISUNNAHKAN PUASA, TETAPI MEREKA MENGENANG PEMBANTAIAN SAYYIDINA HUSAIN CUCU RASULULLAH SAW OLEH YAZID DI KARBALA. KEJADIAN-KEJADIAN BESAR DALAM SEJARAH YANG PERNAH TERJADI PADA BULAN MUHARRAM INI MESTINYA KITA JADIKAN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAGI KITA SEMUA, BUKAN MENJADIKANNYA SEBAGAI MITOS-MITOS KEHIDUPAN YANG HARUS DISIKAPI SECARA IRASIONAL DAN KELUAR DARI SYARI’AH ISLAMIYAH. HADIRIN JAMA’AH JUMAT RAHIMAKMULLAH MENGAPA BULAN MUHARRAM DIJADIKAN SEBAGAI BULAN PERTAMA DALAM KALENDER HIJRYAH? ADA SEBUAH RIWAYAT DARI IMAM AL-SYA’BI BAHWA ABU MUSA AL-ASY’ARI YANG MENJADI WAKIL KHALIFAH DI BASROH MENDAPAT BEBERAPA SURAT DARI AMIRUL MUKMININ UMAR BIN KHATTAB RA. SALAH SATU SURAT TERTANGGAL BULAN SYA’BAN TETAPI ADA PERSOALAN, YAITU TIDAK JELAS APAKAH SYA’BAN SEKARANG ATAU SYA’BAN SEBELUMNYA, MAKA ABU MUSA MENGIRIM SURAT BALASAN KEPADA UMAR TENTANG PERSOALAN TSB. DALAM SURATNYA ABU MUSA MENULIS: INNAHU YA’TIINAA MIN AMIIR AL-MU’MINIIN KUTUBUN FALAA NADRIY ‘ALAA AYYIHA NA’MAL, WAQOD QORO’NAA KITABAN MAHALLUHU SYA’BAANU, FA MAA NADRI A HUWA AL-LADZI NAHNU FIHI AM AL-MAADHI? UMAR MERESPON SURAT ABU MUSA INI DENGAN MENGUMPULKAN PARA SAHABAT DAN MENDISKUSIKAN PERSOALAN PENAGGALAN TERSEBUT. ADA YANG YANG BERPENDAPAT MENGIKUTI SAJA PENANGGALAN RUMAWI, ADA YANG BERPENDAPAT UNTUK MENGIKUTI PENANGGALAN PERSIA, NAMUN UMAR MENOLAK SEMUA ITU DAN MENGHENDAKI UNTUK MEMBUAT PENANGGALAN KHAS ISLAM. MAKA DI ANTARA SAHABAT ADA YANG BERPENDAPAT UNTUK MENJADIKAN SAAT KELAHIRAN NABI SAW SEBAGAI AWAL TAHUN ISLAM, NAMUN ADA YANG BERPENDAPAT SAAT MENINGGALNYA BELIAU SAJA. ALI BIN ABI THOLIB ADALAH ORANG YANG MENGUSULKAN AGAR AWAL TAHUN ISLAM DIMULAI SAAT HIJRAHNYA NABI DARI MEKAH KE MADINAH. PENDAPAT ALI INILAH YANG KEMUDIAN DISEPAKATI OLEH PARA SAHABAT DAN UMAR BIN KHATTAB, ALI BERARGUMEN BAHWA HIJRAH NABI ADALAH SAAT INTISHORUL ISLAM DAN MENGANDUNG MAKNA YANG SANGAT DALAM BAGI UMAT ISLAM. SEJAK SAAT ITULAH KALENDER HIJRIYAH DISEPAKATI DAN DITETAPKAN OLEH AMIRUL MUKMININ UMAR IBNU KHATTAB RA. UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI KALENDER RESMI UMAT ISLAM. HADIRIN, JAMA’AH JUM’AH RAHIMAKUMULLAH. SATU HAL YANG PERLU KITA KETAHUI ADALAH BAHWA BULAN MUHARRAM YANG MENJADI BULAN PERTAMA DALAM KELENDER HIJRIYAH, BUKANLAH BULAN DI MANA NABI HIJRAH DARI MEKAH KE MADINAH. MAYORITAS KITAB TARIKH MENYEBUTKAN BAHWA HIJRAH NABI DARI MEKAH KE MADINAH TERJADI PADA BULAN RABI’UL AWWAL, BUKAN BULAN MUHARRAM. MUHAMMAD SOLIH AL-BUNDAQ MENYEBUTKAN BERDASARKAN KITAB-KITAB TARIKH YANG MU’TABAR BAHWA NABI SAMPAI DI QUBA PADA SIANG HARI SENIN, TANGGAL 8 RABI’UL AWWAL (BERTEPATAN DENGAN TANGGAL 20 SEPTEMBER 622 M), AKAN TETAPI DI KALANGAN SEBAGIAN MASYARAKAT KITA TERDAPAT ANGGAPAN UMUM BAHWA MUHARRAM ADALAH BULAN SAAT NABI HIJRAH. SEBUAH KEKELIRUAN AKADEMIK APABILA BULAN MUHARRAM DIANGGAP SEBAGAI BULAN DI MANA RASUL HIJRAH DARI MEKAH KE MADINAH. DAN KELIRU PULA APABILA HIJRAHNYA NABI SELALU DIIDENTIKKAN DENGAN DATANGNYA BULAN MUHARRAM. KEKELIRUAN INILAH YANG KEMUDIAN MENYEBABKAN KEKELIRUAN SEBAGIAN UMAT ISLAM MEMPERINGATI HIJRAHNYA NABI MUHAMMAD SAW PADA BULAN MUHARRAM, BUKAN PADA BULAN RABI’ AL-WWAL. MEMANG KELENDER HIJRIYAH DIAWALI DENGAN DATANGNYA BULAN MUHARRAM, TETAPI BUKAN BERARTI HIJRAH NABI DARI MEKAH KE MADINAH TERJADI PADA BULAN MUHARRAM. LALU MENGAPA BULAN MUHARRAM YANG DIJADIKAN SEBAGAI PERMULAAN DATANGNYA TAHUN BARU DALAM KELENDER HIJRIYAH? RIWAYAT AL-SYA’BI DI ATAS MENYEBTUKAN BAHWA SAYYIDINA UTSMAN BIN AFFANLAH YANG MENGUSULKAN AGAR BULAN MUHARRAM MENJADI BULAN PERTAMA DALAM KALENDER ISLAM. ALASAN YANG DIKEMUKAKAN USMAN ADALAH 1) KARENA BULAN MUHARRAM MERUPAKAN PERMULAAN TAHUN DALAM KALENDER BANGSA ARAB YANG TELAH BERLAKU SEBELUM ISLAM, 2) KARENA BULAN MUHARRAM ADALAH BULAN SELESAINYA ORANG DARI IBADAH HAJI, DAN 3) BULAN MUHARRAM SELARAS DENGAN KALENDER QAMARIYAH YANG TELAH UMUM BERLAKU DI MASYARAKAT, 4) SEBAGAI KOREKSI TERHADAP SISTEM PENANGGALAN MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM YANG MENJADIKAN JUMLAH BULAN DALAM SETAHUN 13 BULAN, BUKAN 12 BULAN. ALASAN KEEMPAT INI DIDASARKAN PADA KHUTBAH RASUL KETIKA HAJI WADA’. CUPLIKAN KHUTBAH RASUL BISA DILIHAT DALAM SIRAHNYA IBNNU HISYAM, DALAM KHUTBAHNYA RASUL BERSABDA: WA INNA AL-ZAMAN QOD ISTADAARA KAHAI’ATIHI YAUMA KHOLQILLAAHI AL-SAMAWATI WA AL-ARDHA. WA INNA ‘IDDATA AL-SYUHUR ‘INDA AL-LLAHI ITSNA ‘ASYARA SYAHRAN, MINHA ARBA’ATUN HURUM, TSALATSATUN MUTAWAALIYAT, DZUL QA’DAH, WA DZULHIJJAH WA AL-MUHARRAM WA RAJAB ALLADZI BAINA JUMADAYNI WA SYA’BAN. SESUNGGUHNYA WAKTU TELAH BERPUTAR SESUAI DENGAN HAI’AHNYA PADA HARI ALLAH MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI. SESUNGGUHNYA JUMLAH BULAN DI SISI ALLAH ADALAH DUA BULAS BULAN, DI ANTARANYA ADALAH BULAN-BULAN HARAM, TIGA BULAN BERTURUT2 ADALAH DZULQA’DAH, DZULHIJJAH DAN MUHARRAM, SERTA SYA’BAN YANG TERLETAK ANTARA JUMADIL AKHIR DAN SYA’BAN. JUGA DIDASARKAN PADA DO’A RASULULAH SAW. ALLAHUMMAJ’AL KHOIRA ZAMANI AKHIRAHU, WA KHOIRA A’MALI KHOWATIMAHU, WA KHOIRA AYYAMI YAUMA LIQOIKA. YA ALLAH, JADIKANLAH WAKTU TERBAIKKU SEBAGAI AKHIRNYA WAKTU, JADIKANLAH AMAL TERBAIKU SEBAGAI AKHIRNYA AMAL, DAN JADIKANLAH HARI TERBAIKU SEBAGAI HARI AKU BERTEMU DENGAN ENGKAU. HADIRIN JAMAAHH JUM’AH RAHIMAKUMULLAH, DARI URAIAN DI ATAS DAPAT DIAMBIL 2 SIMPULAN: 1) MUHARRAM SEBAGAI AWAL BULAN DALAM KALENDER HIJRIYAH ADALAH KESEPAKATAN PARA SAHABAT BERDASAR PADA PERTIMBANGAN TEKNNIS DAN AKADEMIS, BUKAN BERDASAR DAN TERKAIT PADA MITOS2. 2) MESKIPUN MUHARRAM ADALAH AWAL BULAN DALAM KALENDER HIJRIYAH BUKAN BERARTI NABI HIJRAH PADA BULAN TERSEBUT. HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW TERJADI PADA BULAN RABI’UL AWWAL. WALLAHU A’LLAM BI AL-SHOWAB. DEMIKIAN KHUTBAH JUM’AT KALI INI, MUDA2HAN MEMBERIKAN MANFAAT KEPADA KITA SEMUA, BAIK DI DUNIA INI MAUPUN DI AKHIRAT KELAK. AMIN YA ROBBAL ALAMIN SHODAQOLLAHUL ADHIM, BAROKALLAHU LI WA LAAKUM BIL QUR’ANIL ADHIM, WANAFA’ANI WA IYYAKUM BIMA FIHI MINAL AYATI WAZ DZIKRIL HAKIM. WA TAQABBALA MINNI WAMINKUM TILAWATAHU INNAHU HUWAS SAMI’UL ‘ALIM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar